Informasi Les Belajar Bahasa Arab Online Berkualitas di Tolikara

Belajar Bahasa Arab Online di Tolikara – Bahasa yang paling kerap dipakai dan lebih dekat dengan umat Islam di seruluh dunia melalui shalat, doa, ataupun Alquran dan hadis yaitu bahasa Arab. Di akhirat kelak Bahasa Arab merupakan bahasa yang dapat mengilhami manusia pada puncak kesenangan abadi.

Belajar Bahasa Arab Online di Tolikara

Tidak satu pun bahasa di dunia, termasuk bahasa yang lebih banyak pemakainya sekalipun, sanggup menggantikan posisi dan fungsi bahasa Arab menjadi bahasa ilham yang menjadi kunci utama mengerti ajaran Islam. Ini membuktikan bahasa Arab tidak bisa di tandingi dan disejajarkan dengan bahasa lain di dunia dalam segala aspeknya. Baik gramatikalnya yang unik dan menarik, maupun nilai-nilai kesusastraannya yang sangatlah bersenandung dan kaya akan metafor yang dapat memukau para orientalis sekalipun.

Keunikan dan kekuatan bahasa Arab kelihatan jelas dari kekayaan fonetik dari sebagian huruf yang sama. Keistimewaan ini hanya dipunyai bahasa Arab, dan tidak dipunyai bahasa lain di dunia.

Kekayaan kosakata dan sinonim dalam bahasa Arab juga sebagai pembeda dengan bahasa lain di dunia. Misalkan kita akan mendapati minimal 21 sinonim untuk cahaya, 52 kata sinonim buat kegelapan, 9 sinonim buat matahari, 50 sinonim untuk awan, 64 sinonim buat hujan, 170 sinonim untuk air, 100 sinonim untuk jenggot, dan ribuan bahkan juga juta-an sinonim kata yang lain.

Keunikan dan keindahan bahasa Arab inilah yang mengakibatkan umat Islam di dunia makin lengket dan mau terus tahu, mempelajari, dan mempelajari seluk-beluk bahasa Arab lewat cara detail dan komprehensif. Para pencinta bahasa Arab mengaku dan meyakini bahwa bahasa Arab punya keistimewaan yang dahsyat dan luar biasa.

Antara lain, bahasa arab mempunyai kosakata (mufradat) yang indah dan bersenandung, kaya metafor (tasybihât) yang menjadikan orang terkesima dan memukau. Redaksi (lafaz)-nya kaya akan sinonim (mutaradif) dan signifikan, struktur gramatikal (qawaid nahwiyah) yang unik, ringkas, dan sederhana menjadikan orang tertarik dan ingin tahu untuk mempelajarinya, dan kaya akan komposisi baik dari sintaksis (tarkîb wal jumal), morfologi (qawaid al-sharafiyah), derivasi (isytiqaqiyah) atau semantik-leksikologi-nya (ilmu dilalah), dan sebagainya.

Bahasa Arab sangatlah menarik untuk diajarkan, berasa indah jika dipahami, terlihat unik saat dipelajari, begitu sederhana buat pengagumnya, dan terlihat istimewa untuk para pecintanya. Bahasa Arab adalah entitas terdekat dan sekaligus terjauh. Sangat dekat karena ia senantiasa hadir dalam keseharian kita melalui bahasa shalat, doa, dan lainnya.

Sangatlah jauh dikarnakan ia terkadang memperlihatkan wajah kesulitannya buat dipelajari. Tapi, ia yaitu satu-satunya bahasa yang mengilhami pencarian kita atas ilmu paling tinggi (melalui Alquran Al-Sunnah).

Term ini cuma sekadar memberi penegasan jika belajar dan mengajarkan bahasa Arab bagi orang Islam sangatlah penting dan begitu bermakna dalam menggapai kehidupannya di akhirat nantinya. Bahkan juga, Syaikhul Islam Imam Al-Ghazali dalam Ihya’ Ulumuddin menyebutkan bahwa “belajar bahasa Arab hukumnya wajib bagi orang Islam”.

Kewajiban itu muncul lantaran bahasa Arab merupakan bagian dari Islam. Selain itu, sumber primer dan sekunder mereka yaitu Alquran dan al-hadis yang ditulis dengan menggunakan bahasa Arab.

Betapa merugi dan menyesalnya bila seseorang malas atau mungkin tidak mau belajar bahasa Arab. Walau sebenarnya dia paham bahwa bahasa Arab yaitu password atau kunci utama dalam tahu segala ilmu, dan pengikat hati dalam mengetahui dan mendalami syariat Islam.

Info Belajar Bahasa Arab Online di Tolikara Klik Disini

Artinya, tidak mungkin seseorang dapat memasuki gudang ilmu apabila dia tidak mempunyai kunci atau password-nya. Wallahu a’lam bis-sawab. Selamat Hari Bahasa Arab Sedunia. Jayalah Bahasa Alquranku.

A. Spesifikasi Bahasa Arab

Ketika bahasa Arab berkembang dan tersebar ke seluruh semenanjung Arab bahkan juga telah menggapai daerah Asia tengah dan Eropa dan Afrika Utara, maka semakin tersebar juga pemanfaatan bahasa Arab menjadi bahasa resmi pemerintahan Islam waktu itu.

Dialek-dialek bahasa Arab juga semakin beragam lantaran luasnya wilayah kekuasaan Islam dan adanya persinggungan dengan bahasa setempat begitu juga bersinggungan dengan bahasa bangsa yang berdekatan dengan bangsa Arab.

Seperti dengan bahasa Eropa lain, banyak kata-kata Inggris di serap dari bahasa Arab, selalunya melalui bahasa Eropa lainnya, khususnya Spanyol dan Italia, di kalangan mereka kosa kata setiap hari layaknya “gula” (sukkar), “kapas” (qutn) atau “majalah” (makhzen). Kata lebih dikenal layaknya “algebra”, “alkohol” dan “zenith”.

Pengaruh bahasa Arab sudah menjadi lebih berpengaruh pada negara yang dikuasai oleh Islam atau kuasa Islam. Bahasa Arab yaitu sumber kosa kata utama untuk bahasa yang beragam layaknya bahasa Berber, Kurdi, Parsi, Swahili, Urdu, Hindi, Turki, Melayu, dan Indonesia, baik juga seperti bahasa lain di negara di mana bahasa ini adalah di tuturkan.

Bahasa Arab seperti bahasa apa saja yang lain bisa diperbedakan menjadi beberapa kategori. Menurut Thu’aimah, secara horisontal, bahasa Arab dibagi menjadi 3, yaitu sebagai berikut :

1. Bahasa Arab Klasik

Bahasa Arab klasik dikenal dengan bahasa Al-Qur’an dan bahasa kitab-kirab klasik. Varietas ini sama seperti bahasa yang dimanfaatkan oleh masyarakat di zaman Rasulullah.

Bahasa Arab klasik sudah dipakai di jazirah Arabia untuk kurun waktu sedikitnya 2000 tahun. Bahasa Arab Klasik yaitu bahasa formal yang dipakai di kawasan Hejaz sekitar 1500 tahun yang lalu.

Catatan tertulis yang terkait dengan penggunaan bahasa Arab klasik hingga saat ini masih terdapat, termasuk didalamnya syair-syair Arab yang amat populer pada masa pra islam (600 AD). Al-Quran juga di turunkan dalam bahasa Arab klasik itu, hal yang jadi alasan utama mengapa bahasa ini dapat menjaga keasliannya sepanjang abad.

Bangsa Arab menyadari betul bahwa bahasa Arab klasik ini adalah bagian penting dari kebudayaan mereka. Sepanjang sejarah Islam bahasa Arab Klasik ini yaitu bahasa resmi negara, yang dipakai di dunia peradilan tinggi, birokrasi dan pendidikan. Kesusasteraan Arab pun tertuang sebagian besar dalam bahasa Arab klasik (fasih). Dan penguasaan bahasa Arab klasik dan penyampainnya dalam bentuk tulisan dan percakapan akan terus mengundang penghormatan dan rasa kagum.

Bahasa Arab klasik mana sudah bertahan buat kurun waktu lebih dari 1400 tahun, dan tersebar di seluruh kawasan, sangat juga di gunakan oleh bangsa-bangsa yang berbeda. Apakah gerangan yang menjadi soko guru yang menjaga keaslian bahasa ini dari bahasa bahasa lain? Berikut sebagian alasan bahasa Arab bisa menjaga eksistensinya:

a). Keberadaan Kitab suci Al-quran jadi model tertulis dibanding klasik Arabic. Di mana Al-Quran terus dibaca, di perdengarkan, dianalisa dan dipelajari tiap saat oleh ummat islam di seluruh dunia sepanjang abad.

b). Kekokohan dibanding kaidah-kaidah bahasa yang ada dalam klasik Arabic, disamping selalu adanya usaha-usaha buat mempelajari dan menguasai dengan baik kaidah-kaidah itu, adalah satu diantara faktor dibanding kelestarian bahasa Arab klasik itu sampai saat ini.

2. Bahasa Arab Standard Modern (MSA)

Bahasa Arab Standard Modern (MSA), sebagaimana namanya menunjukkan, bahasa ini yaitu counterpart yang setara dengan bahasa klasik Arab tersebut diatas, dan ialah bahasa resmi dari 22 negara Arab, baik untuk percakapan ataupun tulisan.

Ketidaksamaan yang utama antara MSA dan Klasikal Arab cuma terletak pada perkembangan perbendaharaan kata, di mana dalam bahas Arab modern perbendaharaan kata mengiringi perubahan zaman, sedang pada klasik Arab mengacu pada adat kebiasaan lama. Setiap orang Arab yang melakukan komunikasi dengan orang Arab dari wilayah lain senantiasa memanfaatkan bahasa ini. Orang-Orang terpelajar pun senantiasa lebih banyak menggunakannya.

Bahasa Arab Standard Modern yang sangatlah luas diperlukan ini meliputi istilah bermacam variasi bahasa Arab, baik berbentuk ucapan ataupun tulisan layaknya dalam dunia pendidikan, media massa (termasuk surat kabar, radio, tv dan internet), kuliah umum, pengumuman dan periklanan. Maka bahasa Arab standard moderen adalah bahasa Arab klasik yang dibumbui dengan elemen-elemen modern.

Bahasa Arab modern (MSA), telah memperoleh status yang sangat tinggi untuk bangsa Arab, karena bahasa ini sangatlah serupa dengan bahasa Arab klasik tersebut diatas. Dan oleh karena itu pemakaian bahasa ini adalah ciri ketinggian budaya dan pendidikan.

Kemahiran bertutur kata dalam bahasa Arab modern (MSA) ini ialah ciri kecendekiawanan seseorang. Dan yang terpenting yaitu bahwa bahasa Arab modern ini sudah sebagai satu satunya alat pemersatu bangsa-bangsa Arab di dunia Arab.

3. Bahasa Arab Dialek (Ammiyah)

Varietas bahasa Arab ini yaitu bahasa dialek daerah setempat. Bahasa inilah yang didapatkan tiap dalam komunitas Arab sejak masa kana-kanak, diperlukan dalam percakapan sehari-hari oleh tiap orang, baik cendekiawan maupun yang buta huruf[11].

Bahasa Arab Dialek atau “Al-‘Arabiyyah Al-‘Ammiyah” merupakan bahasa Arab yang dipakai dalam percakapan sehari-hari di dunia Arab, dan sangat berbeda dengan Bahasa Arab tulisan. Perbedaan dialek lebih utama merupakan antara Afrika Utara (Magribi) dan bagian Timur tengah (Hijaz).

Factor yang menimbulkan ketidaksamaan dialek bahasa Arab ialah pengaruh substrat (bahasa yang digunakan saat sebelum bahasa Arab datang). Seperti misalkan pada kata yakūn (artinya “itu “), di Irak disebut aku, di Palestina fih, dan di Magribi disebut kayən.

Info Belajar Bahasa Arab Online di Tolikara Klik Disini

Daftar dialek utama di Arab yaitu sebagai berikut :

  • Dialek Mesir مصري : dimanfaatkan oleh sekitar 76 juta rakyat Mesir.
  • Dialek Maghribi مغربي : diperlukan oleh sekitar 20 juta rakyat Afrika Utara.
  • Dialek Levantine : disebut juga Dialek Syam. Digunakan di Syria, Palestina, Lebanon dan Gereja Maronit Siprus.
  • Dialek Iraq عراقي : punya ketidaksamaan khusus, ialah ketidaksamaan dialek di utara dan selatan Iraq
  • Dialek Arab Timur بحريني : difungsikan di Oman, di Arab Saudi dan di Irak bagian Barat.
  • Dialek Teluk خليجي : diperlukan di daerah Teluk, ialah di Qatar, Unu Emirat Arab dan Saudi Arabia.
  • Sementara sebagian dialek yang lain adalah:
  • Hassānīya حساني : digunakan di Mauritania dan Sahara Barat
  • Dialek Sudan سوداني : difungsikan di Sudan dan Chad
  • Dialek Hijazi حجازي : diperlukan di daerah barat dan utara Arab Saudi dan timur Yordania
  • Dialek Najd نجدي : diperlukan di Najd, Arab Saudi
  • Dialek Yamani يمني : dipakai di Yaman
  • Dialek Andalus أندلسي : diperlukan di Andalus sampai abad ke-17
  • Dialek Sisilia سقلي : Diperlukan di Sisilia

Di samping ketidaksamaan antara satu dialek dengan yang lainnya juga dikenal ketidaksamaan istilah atau juga berbeda dalam memilih kata-kata untuk satu hal yang sama. Di bawah ini akan diperhatikan sebagian contoh ketidaksamaan dialek antara penduduk negeri Arab yang berbeda ataupun antara daerah yang satu dengan yang lainnya dalam satu negeri.

Belajar Bahasa Arab Online di Tolikara

Pentingnya Belajar Bahasa Arab Sejak Dini

Ali bin Abi Thalib as berkata “Belajarlah bahasa Arab karena termasak bagian dari agamamu”. Maqolah ini menunjukkan bahwa bahasa Arab memiliki kedudukan penting dalam agama kita. Buat kaum Muslimin bahasa Arab merupakan bahasa yang istimewa ketimbang dengan bahasa lain di dunia ini, yaitu bahasa yang dipilih Allah SWT.

Untuk menyampaikan firman suciNya (QS. Yusuf: 5). Sebagai alat berkomunikasi, eksistensi bahasa Arab telah membawa syiar Islam pada pentas peradaban dunia. Sebab itu bahasa Arab berperan jadi kunci ilmu pengetahuan, terutama ilmu-ilmu keislaman. Seseorang yang telah menguasai bahasa Arab secara baik, sangat besar peluangnya buat menggali hazanah keilmuan yang terkandung dalam Al Qur’an dan As-Sunnah maupun karya-karya berharga ulama, salaf dan para pemikir Islam terdahulu.

Mengingat betapa urgennya pengajaran bahasa Arab untuk generasi penerus Islam, Syaikh Abu Hasan Al-Mawardi menyatakan, “apabila anak telah waktunya untuk di didik dan di ajari, selayaknya dimulai dengan mengajarkan Al Qar’an dan bahasa Arab, lantaran bahasa Arab adalah bahasa yang dipakai Allah untak turunkan kitab suci Al-Qur’an dan menetapkan agamanya.

Dengan bahasa Arab pulalah Rasalallah SAW. Menyampaikan sunnahnya, dan disusunnya kitab-kitab agama, filsafat, logika, dan lain sebagainya. Oleh dikarnakan itu anak-anak seharasnya mendalami bahasa Arab, apabila tidak ia akan bodoh tentang agamanya.

Dari paparan di atas, kiranya bisa penulis tegaskan kembali, mengapa bahasa Arab memperoleh tempat terhormat di ikalangan umat Islam?

Pertama, bahasa Arab merupakan bahasa Al Qur’an, kitab suci umat lslam yang paripurna, begitu bahasa yang dimanfaatkan dalam mengkondisikan Al-Hadist. Dan keduanya adalah sumber rujukan hukum dan muara permasalahan umat.

Kedua, bahasa Arab merupakan bahasa praktik dalam menjalani aktivitas ritual keagamaan. Seperti Shalat maupun bentuk beribadah lainnya dalam rangka mendekatkan diri pada sang Khalik.

Ketiga, bahasa arab yaitu bahasa pengantar ilmu pengetahuan, terutama ilmu-ilmu keislaman yang banyak dihasilkan oleh ulama dan para pemikir Islam yang telah membawa Islam ke puncak zaman keemasan. Tanpa menguasai bahasa Arab dengan baik, berat sekali kita dapat melakukan reaktualisasi maupun rekonstruksi pemikiran Islam.

Keempat, bahasa Arab telah sebagai bahasa kebudayaan dan peradaban Islam. Sekitar lebih dari 20 negara sudah memanfaatkan bahasa Arab menjadi bahasa resmi negara dan pun termasuk satu diantara bahasa resmi PBB.

Belajar Bahasa Arab Online di Tolikara

Info Belajar Bahasa Arab Online di Tolikara Klik Disini

Manfaat belajar Bahasa Arab dalam Islam apa saja sih kegunaan mempelajari bahasa Arab?

1. Memudahkan Dalam Membaca Al-Qur’an

Kenapa memudahkan? disebabkan bahasa Al Qur’an memanfaatkan bahasa Arab.

2. Memudahkan Menerjemahkan Ayat Al-Qur’an

Banyak orang yang membaca Al-Qur’an tetapi tidak mengerti makna dan artinya. Maka itu tidak akan terjadi pada seseorang yang pandai bahasa Arab. Disebabkan dia dapat menerjemahkan sendiri.

3. Memudahkan Memahami Ajaran Islam

Seseorang yang pandai berbahasa Arab, khususnya memahami kaedah-kaedah dalam ilmu nahwu akan semakin gampang memahami Islam ketimbang yang tidak mempelajarinya sama sekali.

Apa lagi jadi penyampai dakwah, menjadi seorang da’i, kyai atau ustadz, pasti lebih urgent lagi mempelajarinya supaya gampang memberikan pemahaman agama yang betul pada orang banyak.

Apakah Anda Pernah Mengalami Permasalahan Seperti di Bawah Ini?

Apakah anda sudah berusaha keras mencari dan mencoba cara yang cocok belajar bahasa arab akan tetapi terus saja tidak membuahkan hasil yang optimal?

Anda sudah mencoba cara pelatihan bahasa arab buat pemula di bermacam tipe kursus, baik kelas tatap muka ataupun kelas online (lewat WhatsApp, Telegram dll), akan tetapi kemampuan bahasa Arab anda masih berjalan di tempat?

Justru anda merasa bosan dengan tutorial pelatihan bahasa arab yang ada dan pada akhirnya anda menyerah?

Walau sebenarnya anda punya harapan tinggi bila mampu berbahasa Arab dengan baik.

Anda dapat meraih wilayah pemasaran Timur tengah buat memasarkan produk unggulan anda bila anda seorang pembisnis.

Anda dapat melanjutkan kuliah (umumnya full beasiswa) pada Universitas Islam terbaik di 22 negara yang bahasa resminya merupakan bahasa Arab.

Kursus Internet Bahasa Arab

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Arab Sahabat, Bersama Kami!

Perkenalkan kami ialah Lembaga Khusus kursus Bahasa Arab.

Target utama kami yaitu anda yang ingin pelatihan Bahasa Arab, akan tetapi Tidak mempunyai ketika

Maka dari itu kami tawarkan sebuah Solusi untuk Sahabat Yang ingin pelatihan Bahasa Arab di ketika senggang Sahabat.

Dan dikerjakan melewati Audio dan Zoom, maka Sahabat bebas dapat mengikuti materi dimanapun Sahabat berada.

Keuntungan Belajar Bahasa Arab

Benefit dari Belajaronlinearab.com yaitu jadi berikut :
belajar bahasa Arab jadi fleksibel dan nyaman dengan kemudahan dalam mengakses materi.
Efektivitas ketika dan biaya sebab pembelajaran bahasa Arab berbasis E-learning.

Tawarkan sistem pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang belum pernah dirasakan
setiap selesai materi diberikan latihan-latihan menjadi penunjang pemahaman
Komunikasi pengajar dan peserta yang intens untuk meringankan mengetahui materi yang disampaikan dengan adanya ketika spesifik untuk konsul materi.

Registrasi yang sangat mudah dijalankan lewat cara internet dimanapun dan sewaktu-waktu.

Apa sih keuntungan belajar Bahasa Arab Bersama Kami?

  • Fleksibel

Pembelajaran via audio dan dibagikan melewati media whatsapp pada hari Senin Rabu atau Selasa Kamis pagi, jadi dapat diikuti waktu dikala senggang. Tanya jawab sekali satu minggu via media daring Zoom.

Melewati Whatsapp dan Zoom

Anda tidak perlu datang ke tempat kami. Diskusi tanya jawab materi dilaksanakan lewat Whatsapp (materi) dan Zoom (diskusi) jadi dapat diikuti dimana saja anda berada.

  • Pemateri Profesional

Pemateri kami yaitu Ustadz Softwan yang ialah alumni Al-Madinah International University.

  • Biaya Terjangkau

Biaya yang kami tawarkan sangat terjangkau, hingga tidak akan mengganggu urusan keuangan dapur.

  • Metode Pembelajaran

Peserta akan menerima materi berupa audio 2 hari satu minggu (Senin dan Rabu). Materi audio itu mengkaji materi yang ada pada kitab. Satu audio umumnya mengulas 1 bab. Materi dikirim lewat grup whatsapp (WAG). Selama materi, peserta dipersilahkan tanya jawab sepuasnya melalui WAG.

Selain itu, Ustadz pembimbing akan mengadakan diskusi melewati media Zoom sekali dalam satu minggu untuk membantu peserta yang sesungguhnya nyaman berunding langsung.

Buat pemantapan, peserta kami persilahkan untuk bergabung praktik baca kitab Hilyatu Tholibil Ilmi, kitab moral yang diselenggarakan setiap Minggu pkl 21.00-21.30 WIB.

Program Belajar

Nahwu Wadhih Ibtidaiyah

Kitab Nahwu Wadhih Ibtidaiyah, dimulai dari tingkat 1 khususnya dahulu. Kitab yang lebih sering diajarkan di kelompok madrasah dan pesantren. Kitab Nahwu Wadhih Ibtidaiyah ada 3 tingkat. Kitab ini penjelasannya sangatlah komplit, runtut, dan membimbing pembaca supaya sungguh-sungguh mengerti kaidah bahasa arab. Isi satu subbab dibentuk sangatlah sederhana hingga pembaca begitu mudah mengerti. hanya resikonya, dibutuhkan ketika lebih lama belajarnya. namun hasilnya benar-benar baik.

Durusul Lughoh Al-Arabiyyah

Kitab kedua ialah Durusul Lughoh Al-Arabiyah. Kitab termashyur juga, terbagi dalam 3 tingkat. adalah gabungan nahwu dan shorof. Didalamnya sesungguhnya pun lengkap hanya contoh dan penjelasannya jauh lebih singkat dibandingkan Nahwu Wadhih. tepat untuk pelajar yang cukup sibuk. buat memperkaya kajian, peserta dapat pelatihan mandiri atau rajin bertanya setiap sesi zoom diskusi dengan Ustadz dan mengikuti praktik baca kitab yang kami selenggarakan setiap minggu.

Kunjungi Channel Youtube kami: Klik disini

Tertarik untuk mengikuti kelas belajar bahasa arab bersama kami?